Konten Ramah Google

Teman-teman blogger pasti sering mencari informasi tentang "bagaimana cara
membuat konten yang disukai oleh pembaca dan rangkingnya baik di mesin
pencari".

Itu kembali lagi ke tujuan kita membangun sebuah blog, apakah hanya sekedar
tempat curhat, tempat berpuisi, atau dijadikan sebagai lahan bisnis di
internet. Kalau Anda membangun blog untuk bisnis, maka sebaiknya perhatikan
beberapa langkah yang akan saya bahas di artikel ini.Dari pengalaman saya
selama beberapa tahun membangun blog untuk bisnis online, membangun konten
dengan tujuan SEO saja padaakhirnya tidak akan bertahan lama di mesin
pencari. Dulu, Saya selalu mengikuti trik-trik khusus dalam membuat
artikel, triks ini diajarkan oleh banyak internet marketer. Faktanya,
trik-trik khusus ini ternyatatidak memberikan manfaat untuk blog saya,
karena cenderung hanya menyasar pada tujuan SEO yang membuat pembaca blog
saya bosan.Anda pasti pernah juga melakukannya, misalnya memaksakan keyword
density (kepadatan kata kunci) dalam artikel,memaksakan H1 – H2 – H3 harus
selalu ada kata kunci yang dibidik, dan lain-lain. Saya pernah melakukan
hal-hal seperti itu, dan tidak ada manfaatnya untuk jangka panjang bagi
blog saya karena artikel seperti itu ternyata tidak disukai pembaca

Berikut ini adalah 9 langkah untuk membuat konten blog Anda disukai oleh
pembaca dan Google

1. Menulis Untuk Pembaca dan Optimasi Untuk Robot Search EnginePembaca blog
Anda pastinya tidak ingin membaca artikel yang dibuat untuk tujuan SEO,
mereka ingin membaca informasi menarik dari blog Anda. Bahkan mesin pencari
lebih mengutamakan konten yang alami dibandikan dengan konten-konten yang
dibuat untuk tujuan SEOsemata.Walaupun Anda menulis dengan cara alami
tentunya artikel tersebut tetap bisa dioptimasi untuk robot mesin pencari.
Tetap fokus membuat artikel yang menjadi 'darah dan daging' blog Anda, dan
berikan bantuan pada robot mesin pencari agar menemukan konten Anda
tersebut.Jangan Lupa sambil Ngopi gan

2. Lupakan Tentang Kepadatan Kata Kunci (Keywords Density)

Salah satu mitos SEO yang seringkali kita perhatikan dalam membuat sebuah
konten artikel adalah kepadatan kata kunci (keywords density). Beberapa
orang mengatakan keywords density yang baik adalah 3% – 5% dari total kata
dalam artikel, beberapa orang lainnya mengatakan keywords density sebaiknya
berkisar antara 1% – 3% saja dari total kata dalam artikel. Faktanya,
Google tidak pernah menyebutkan tentang keywords density.Tentunya kita
perlu memasukkan kata kunci di dalam konten, atau menambahkan kata kunci
yang relevan dengan artikel yang kita buat. Namun kita harus menggunakannya
secara sewajarnya, biarkan konten Anda mengalir secara alami. Memaksakan
keywords di tempatyang tidak semestinya lebih sering merusak kualitas
konten Anda, tidak akan membuatnya lebih baik di mesin pencari.

3. Gunakan Kata Kunci Yang Relevan dan SinonimnyaAnda pasti pernah
mendengar tentang Latent Semantic Indexing (LSI). Mesin pencari selalu
menghubungkan sebuah kata kuncidengan kata kunci lainnya yang masih
terkait. Karena itu, variasikan kata kunci di dalam konten Anda. Dengan
menggunakan variasi kata kunci, konten Anda akan semakin relevan dengan
topik yang Anda bahas tanpa harus memasukkan kata kunci yang sama
berkali-kali.
4. Buatlah Artikel Berkualitas Dengan Pembahasan Topik Yang Mendalam

Semua orang suka bicara to-the-point, langsung pada inti sari. Namun, jika
kita membuat sebuah konten yang menjelaskan secara mendalam tentang sebuah
topik, tentunya ini akan semakin baik. Saya pribadi tidak terlalu
memperhatikan jumlah kata dalamsetiap artikel yang saya buat, tapi biasanya
artikel yang panjang dan mendalam biasanya lebih baik posisinya di SERP
Google dibandingkan dengan artikel yang singkat dan dangkal.Bukan berarti
setiap artikel denganjumlah kata yang banyak akan selalu menang di SERP
mesin pencari. Ini hanya sebagai gambaran bahwa kualitas sebuah konten itu
sangat penting jika ingin mendapatkan ranking yang baik di Google. Jangan
pula memaksakan diri membuat artikel panjang dengan bertele-tele, buatlah
artikeltersebut sesuai dengan fakta dan sesuai dengan pengetahuan Anda.

5. Gunakan Long Tail Keywords Pada Judul KontJudul yang panjang biasanya
lebih menguntungkan di mesin pencari dibandingkan dengan konten dengan
judul yang terlalu singkat. Memang, judul dengan kata kunci yang panjang
biasanya pencarinya lebih sedikit dibandingkan dengan judul dengan kata
kunci yang singkat. Namun pada kenyataannya, konten dengan judulyang
panjang biasanya lebih baik posisinya di mesin pencari dibandingkan dengan
konten yang judulnya singkat. Selain itu, konten dengan judul yang panjang
dan deskriptif biasanya konversinya lebih bagus.

6. Respon Audiens Anda DenganBaik

Jika blog Anda punya audiens/ pembaca setia, maka Anda harus siap
memberikan respon dan menjawab komentar atau pertanyaan-pertanyaan mereka.
Berikan jawaban yang mereka butuhkan, tentunya Anda hanya akan menjawab
komentar atau pertanyaan yang sesuai dengan topik Anda. Kalau kita melihat
dari sisi SEO, keterlibatan pembaca di dalam sebuah blog adalah sebuah
keuntungan.

7. Berikan Kemudahan Bagi Pembaca Anda Untuk Menyebarkan Konten Anda

Menyebarkan link konten Anda di media sosial akan memberikan trafiklangsung
dan dampak SEO yang baikbagi keseluruhan blog Anda. Semakin banyak orang
yang menyebarkan konten Anda, hasilnya akan semakin baik. Karena itu,
sediakan tombol media sosial di blogAnda agar memudahkan pembaca Anda untuk
menyebarkan artikel yang mereka sukai di blog Anda.

8. Gunakan Google Google akan semakin besar peranannya di dalam SEO.
Selain itu,dengan menggunakan Google Andaakan mendapatkan Author Rank dan
terhubung dengan pengguna Google lainnya. Author rank adalah salah satu
faktor dalam SEO, dan menurut saya peranannya akan semakin besar untuk SEO
di masa-masa yang akan datang. Jadi, sebaiknya Anda gunakan Google dari
sekarang, dan hubungkan blog Anda dengan akun Google Anda.

9. Gunakan Judul dan DeskripsiTitle tags Anda adalah hal pertama yang akan
diperhatikan oleh Google ketika robot mereka 'membaca' blog Anda. Tentunya
akan lebih baik lagi bila judul konten dilengkapi dengan deskripsi dari
konten Anda, karena pengguna mesin pencari akan melihat judul dan deskripsi
konten Anda di SERP Google. Gunakan judul dan deskripsi yang deskriptif dan
mengajak audiens untuk membuka situs Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

An Evening in Paris.(Film India Jadul).

Laba Dari Tas Kaum Hawa.