Telkom Bidik Ikm Perluas Pelanggan Data.

JAKARTA. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) terus menggenjot pasar.
Tahun ini, Telkom akan mendongkrak penetrasi koneksi internet broadband
hingga lima juta pelanggan dan satu juta pelanggan WiFi.

Sampai akhir 2012, kapasitas serat optik milik Telkom mampu melayani empat
juta pelanggan. Namun pelanggan layanan broadband baru sebanyak dua juta
pelanggan.

Untuk menambah pelanggan, Telkom memperluas pasar broadband ke sektor
industri kecil dan menengah (IKM) lewat program Indipreneur. Program ini
meliputi layanan broadband, web builder, web housting, nama domain, dan
aplikasi belanja online.

Maklum, pelanggan broadband IKM Telkom baru sebanyak 4.235 IKM. Lewat
program dengan gratis biaya modem ini, Telkom menargetkan bisa menggaet
100.000 IKM di tahun ini. "Dengan modal Rp 10 miliar, kami harap bisa
mendapat Rp 25 miliar," kata Direktur Enterprise and Wholesale Telkom,
Muhammad Awaluddin, kemarin.

Lewat Indipreneur, ia berani memasang target bisnis di Direktorat
Enterprise and Wholesale Telkom menjadi Rp 9,25 triliun atau naik 6,2% dari
pendapatan tahun lalu, sebesar Rp 8,7 triliun.

Investasi Telkom ke layanan data tentu sudah direncanakan. Dari total
belanja modal perusahaan sebesar Rp 20 triliun di tahun ini, sekitar
20%-30% untuk pengembangan infrastruktur broadband dan 20%nya ke anak usaha
bidang information, media, and edutainment (IME).

Implementasi dari IME ini, adalah mulai aktifnya anak usaha baru Telkom di
infrastruktur yakni Telkom Akses di awal tahun ini. Salah satu tugas anak
usaha ini, membangun infrastruktur telekomunikasi berupa fiber optik yang
punya koneksi lebih cepat ketimbang kabel tembaga.

Telkom berencana mengganti semua kabel tembaga dengan serat optik. Lima
tahun mendatang, 80% kabel sudah berupa fiber optik. Saat ini, fiber optik
baru 10-12%.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

An Evening in Paris.(Film India Jadul).

Laba Dari Tas Kaum Hawa.